Tel: (021) 7579 1377      Email: sekr-ptpsw@bppt.go.id

Pemanfaatan teknologi Ground Penetrating Radar untuk melakukan pemetaan bawah tanah.

Informasi keberadaan lokasi utilitas seperti pipa air, pipa gas, pipa BBM, kabel listrik dll sangat diperlukan suatu kota untuk mengurangi risiko kejadian yang tidak diinginkan dan dalam rangka penataan insfrastruktur perkotaan yang terpadu. Minimnya informasi jaringan utilitas yang tertanam dibawah tanahtanah dan perubahan situasi sepanjang jaringan utilitas yang tertanam, akan menimbulkan kesulitan seandaikanya akan dilakukan perawatan atau monitoring dari jaringan utilitas tersebut, sehingga diperlukan identifikasi lokasi dan pemetaan kondisi terkini dari utilitas tersebut untuk memudahkan dalam pengembangan atau perawatan jaringan utilitas tersebut.

Sampai saat ini informasi utilitas bawah tanah belum dimasukkan dalam unsur wajib dalam IGD (Informasi Geospasial Dasar). Untuk itu diperlukan inisiatif tersedianya peta utilitas bawah tanah dengan standar dan prosedur yang baku. Informasi ini diperlukan dalam perencanaan pembangunan di wilayah ibukota provinsi maupun kota-kota besar di Indonesia. Dengan demikian target dari kegiatan ini adalah tersedianya peta utilitas bawah tanah dengan skala 1:1.000 Kota Pekanbaru dan sekitarnya sebanyak 12 Nomor Lembar Peta (NLP), serta area perkantoran Badan Informasi Geospasial, sebagai prototype peta utilitas bawah tanah.

Survey lapangan merupakan salah satu tahap yang dilaksanakan dari keseluruhan tahapan pelaksanaan kegiatan pemetaan utilitas bawah tanah dengan teknologi Georadar. Pada tahapan ini dilakukan pengambilan data primer utilitas bawah tanah pada lokasi yang telah ditentukan. Survey lapangan yang diterapkan pada kegiatan ini meliputi proses pengambilan data primer dengan menggunakan peralatan survey berupa: 1. Radio Detector (RD), untuk mendeteksi keberadaan obyek utilitas bawah tanah berbahan baku logam, misal : kabel dan pipa besi 2. Ground Penetrating Radar (GPR), untuk mendeteksi obyek-obyek di bawah tanah termasuk utilitas 3. GPS Geodetik dengan sistem real time kinematik (RTK), untuk menentukan koordinat peralatan RD dan GPR sehingga bisa dipetakan pafa peta skala detil Survey lapangan telah dilakukan pada kawasan perkantoran Badan Informasi Spasial dan pada 12 NLP di Kota Pekanbaru, dengan total jumlah kurang lebih 504 lintasan GPR (Gambar 3.19 dan 3.20).

Statistik Pengunjung

1.png2.png3.png6.png9.png3.png
Today241
Yesterday212
This week241
This month4117

Hubungi Kami

Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Wilayah (PTPSW) - BPPT 

Gedung Geostech 820 Kawasan Puspitek Serpong

Telp. 021.75791377, 021.75751379; Ext. 9025/4404

Fax. 021.75791401

    logo iso qm